Tuesday, August 28, 2018

TEMAN YANG BURUK MERUSAK HATI


Hidup ditengah-tengah ahlul maksiat dapat mematikan hati seseorang, lalu bagaimana hal nya jika hidup ditengah-tengah orang kafir..? Kekufuran mereka pada awalnya hanya membuat goresan dan jejak pada hati dari waktu ke waktu akan menjadi ukiran dan perhatian yang hampir tidak mungkin untuk dihilangkan, mereka dapat menghancurkan fitrah seseorang menuju sebuah titik yang mana tidak bisa kembali lagi, jadi keraguan dan hasrat dari hatinya akan sepenuhnya membelenggu dirinya.
Dalam hadits tentang seorang pria yang telah membunuh Sembilan puluh Sembilan orang dan kemudian memutuskan untuk bertaubat, seorang ulama berkata kepadanya: "Pergilah menuju sebuah negri ini dan ini, karena didalamnya terdapat orang-orang yang senantiasa beribadah kepada Allah, maka beribadalah kamu kepada Allah bersama mereka dan jangan pernah kembali ke negrimu, karena negrimu itu adalah negri yang buruk (jahat)".(Shahih Muslim)
Jarir Ibnu 'Abdullah radhiyallahu'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Aku berlepas diri dari setiap muslim yang hidup ditengah-tengah orang-orang musyrik, Tidak akan terkumpul dua api mereka berdua".(Hr. Abu Dawud dan At Tirmidzi)
Bahkan jika seseorang selalu menghabiskan waktunya dimasjid untuk shalat,dzikir dan belajar ilmu agama, sementara dia hidup bersama (komunitas) kaum Muslimin yang hidup berdampingan dengan orang-orang kafir dan meninggalkan jihad, maka orang seperti ini hanya akan membangun hujah (bukti) yang paling kuat (untuk menjatuhkan dirinya sendiri di hari kiamat) atas dirinya dan dosa-dosanya.
Juga dikatakan oleh Abu Musa radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi, Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu munyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya dan kalupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) membakar pakaianmu dan kalapun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tap sedap".(Al Bukhari dan Muslim).
Sedangkan pandai besi bisa jadi (percikan apinya) membakar pakaianmu dan kalaupun tidak,engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap".(Al Bukhari dan Muslim).
Jadi teman yang buruk (lalu maksiat) mau tidak mau akan tetap mempengaruhi kalian. Dan dosa yang paling berat pada zaman ini adalah qu'ud (meninggalkan jihad) dikarenakan hukum jihad sekarang adalaha fardlu ain (wajib atas setiap individu) lalu bagaimana bisa seseorang merasa tenang bersama teman-teman yang meninggalkan jihad.
Syaikhul islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: "Inti dari hijrah adalah untuk meninggalkan dosa dan para pelakunya (ahlul masiat) termasuk hajr(menjauhi/memboikot) para penyeru bid'ah,maksiat dan mereka yang berbaur bersama mereka atau membantu mereka. Demikian pula bagi seseorang yang meninggalkan jihad (amalan yang tanpanya dia tidak bisa mencapai maslahah apapun) harus dihukumi dengan hajr (boikot) karena doa tidak mengarahkan kaum Muslimin menuju ketakwaan dan jalan yang benar. Dan seperti para zumah (pezina) dan para lutiyyah (pelaku sodom) para qu'ud (orang yang meninggalkan jihad) para ahlul bid'ah (orang-orang yang membuat perkara baru dalam hal agama) dan para peminum khamr semuanya berbahaya bagi Dien islam, dengan membaur bersama mereka juga suatu hal yang berbahaya, Mereka tidak mengarahkan menuju jalan yang benar atau tidak mengarahkan kepada ketaqwaan, Barangsiaa yang tidak meninggalkan mereka maka dia telah meninggalkan sebuah kewajiban dan jatuh kedalam suatu hal yang dilarang".(Majmu'al Fatawa)
Apakah kalian merasa senang berbaur dengan mereka yang disebutkan oleh Syaikhul islam yaitu para Zumah dan lutiyyah dan sebelumnya para ahlul bid'ah dan para peminum khamr..?? Wallahi mereka akan menghancurkan dien seseorang sampai orang itu mendapatkan dirinya dineraka".
(Diambil dari Majalah Dabiq 3)

No comments:

Post a Comment

NOTES :
- Harap bekomentar sesuai dengan judul postingan
- Tidak diperbolehkan mempromosikan barang atau berjualan
- Bagi yang berkomentar menyertakan link dianggap spam

==> SELAMAT BERKOMENTAR .... :D