Monday, February 5, 2018

Kenali Musuhmu



Kalau Anda pernah membaca buku2 Sun Tzu, salah satu strategi perang yg paling dikenal di dunia saat ini lahir dari lidah Sun Tzu. Yaitu, "Kenali Musuhmu!"

Tidak kenal maka tak sayang, bukan? Inilah yg membuat kenapa Alfamart dan Indomart, bersaing di pasar yg sama, berkompetisi dng cara2 yg nyaris sama, namun akhirnya saling sayang menyayangi. Buktinya, mereka di mana2 pelukan tuh...

Strategi kembar siam dempet tembok Alfamart dan Indomart bukan tanpa rencana. Ini adalah salah satu konsep mereka menguasai pasar. Satu toko per 1 kilometer! Itu adalah ambisi besar Alfamart untuk menyediakan toko retail di mana2 di seluruh Indonesia. Indomart yg dulunya hanya main di kelurahan, akhirnya ikut2an boncengan dengan Alfamart. Secara pribadi, saya tidak begitu setuju dengan konsep ini karena mereka mematikan pemain2 kelontong rumahan. Tapi kita coba belajar dari konsep mereka memenangkan pasar saja.

Siapa saja pesaing di usaha yg sama? Banyak sekali, ada Sevel (711) yg sudah almarhum, Circle K, M Mart, Q Mart, Lawson dll. Untuk mengantisipasi para pesaing mengambil pasar mereka, Alfamart dan Indomart yg merupakan pesaing abadi ini akhirnya kompakan hadir di wilayah yg sama. Melawan dua musuh tentu lebih sulit daripada satu musuh, bukan? Itulah yg membuat Circle K dan kawan2 harus menjauh dan mencari positioningnya sendiri. 

Selain itu baik Alfamart maupun Indomart sama2 menghemat biaya survey yg cukup besar. Untuk hadir di suatu wilayah diperlukan survey usaha. Jika Indomart sudah hadir di sana, Alfamart tidak perlu bikin survey ulangan, cukup nempel aja di sebelahnya. Begitu juga sebaliknya.

Kenapa orang2 lebih mengenal pedagang emas di Somba Opu daripada di tempat2 lain? Karena di Somba Opu mereka berhabitasi, berkelompok, menciptakan brand awareness di wilayah itu, sehingga meskipun ada toko emas mewah di tempat lain tapi hidup sebatang kara, customer lebih memilih ke Somba Opu, karena di sana lebih banyak pilihan.

Jadi kompetitor itu bukan untuk dijauhi. Sayangi mereka maka Anda dan mereka akan menangkap ikan bersama2 meskipun kailnya berbeda. Inilah yg dilakukan Alfamart dan Indomart untuk memenangkan pasar retail2 di seluruh Indonesia. 

Ini pula yg dilakukan Kalla Toyota dan Astra Daihatsu. Ketika Toyota mengeluarkan Avanza maka Daihatsu mengeluarkan kembarannya Xenia. Saat Toyota melahirkan Agya, Daihatsu mengeluarkan Ayla. Begitu Toyota mengeluarkan Rush, Daihatsu melahirkan Terios dst. Ini strategi apik menjaga pasar untuk menyingkirkan pesaing2 mereka spt Honda, Nissan, Mistubishi dll untuk menggarap pasar mereka lebih besar daripada mereka berdua.

SI KEMBAR SIAM DEMPET TEMBOK, ALFAMART DAN INDOMART

Mari kita bersabar dgn penuh kesyukuran & keikhlasan dengan apa yg sudah kita punya...

No comments:

Post a Comment

NOTES :
- Harap bekomentar sesuai dengan judul postingan
- Tidak diperbolehkan mempromosikan barang atau berjualan
- Bagi yang berkomentar menyertakan link dianggap spam

==> SELAMAT BERKOMENTAR .... :D